Jumat, 22 Maret 2013

JUAL MAKANAN BETAWI : ROTI BUAYA Hub. 085211711318 / 021-93786634, WAJIK, DODOL, GEPLAK, Bir Pletok, Dodol betawi hub. 085211711318 atau 021-93786634, toge goreng, kue rangi, kue pepe, wajik betawi, biji ketapang, akar kelapa, soto betawi, kue cincin, kue cucur, Laksa, Asinan Betawi, Kue Putu, Kerak Telor, Ketupat Sayur, Ketupat Bumbu, Kue Cubit, Kue Pancong,Kue Ape, Soto Mie, Es Cendol, Es Cincau Hijau, Es Doger, Es Selendang Mayang, Rujak Bebek / MASAKAN TRADISIONIL KHAS BETAWI, JUAL KUE PANCONG HUB. 085211711318 / 021-93786634. Jual toge goreng, laksa, kue rangi, roti buaya, jual kue betawi, toge goreng, biji ketapang, akar kelapa, dodol, soto betawi, kue cincin, kue cucur, geplak, asinan, kembang goyang, wajik betawi, sagon, kue putu, kue pepe, rengginang, bir pletok, Abug, Biji Salak, Bugis, Carabia,Cente manis, Cucur, Dodol, Gemblong Jongkong, Kelen/Lumpur, Kelinca, Ketan tetel, Ketan Urap, Ketimus, Kinca Durian, Kue Apem, Kue Cang, Kue Onde, Kue Pepe, Kue Pisang, Lenggodo, Lepet, Lopis, Lumpang, Ongol-ongol, Putu Mayang , Rujak Serut, Sengkulun, Talam Ijo, Talam Ubi, Talam Udang , Tape Uli, KUE KERING, Akar Kelape, Bolu Kukus , Cincin, Dompet, Geplak, Kembang Goyang, Kerupuk Bawang, Kolang Kaling, Kue Satu, Kue Semprong, Manisan Pepaya, Rengginang, Roti Buaya, Roti Gambang, Roti Kepiting, Sagon, Semprit, Sirpa, Tambang, MAKANAN & MINUMAN GEROBAKAN, Asinan Betawi, Es Cendol, Es Cendol, Es Cincau Hijau, Es Doger, Es Selendang Mayang, Kerak Telor, Ketupat sayur, Ketupat Bumbu, Kue Pukis, Kue Cubit, Kue Dongkal, Toge Goreng/Asep, Kue Pancong, Laksa, Kue Putu, Kue Ape, Rujak Bebek, Soto Mie, Bir Pletok, Kopi Jahe, Bajigur, Bandrek, kuliner Betawi, masakan Betawi, resep masakan dan kue betawi, Acar Kuning, Sayur Sambal Godog ( Sayur Godog ) , Sayur Besan, Sayur Laksa Betawi/ Laksa Penganten, Sayur Ketupat Bebanci,Toge Goreng/ Toge Asep, Soto Betawi, Soto Tangkar, Soto Mie, Ketupat Bumbu, Gabus Pucung, Pindang Bandeng, Ikan Pesmol ( Bandeng / Tongkol / Gurame ), Semur Betawi ( Daging ), Semur Jengkol, Sambel Jengkol, Ayam Bekakak, Gabus Pucung, Gado-gado, Gulai Buncis, Ikan Pecak Gurame/ Lele, Ikan Peda Jagung, Ikan Pesmol,Ketupat Bebanci, Ketupat Sayur, bubur ase, Lontong Isi,Nasi Goreng Kambing, Nasi Kebuli, Nasi Kuning, Nasi Sega/Nasi Sege, Nasi Uduk, Nasi Ulam, Pepes Peda, Pepes Teri, Pesor, Pindang Bandeng, Sambel Jengkol, Sate Asem, Sate Pentul,Sayur Besan,Sayur Godog , Sayur Goreng Asem,Sayur Sayur Lodeh, Semur Daging, Semur Jengkol, Soto Betawi,Soto Tangkar. DLL




PAKET JAJANAN GEROBAKAN KHAS BETAWI :


Toge Goreng/ Toge Asep
Laksa
Kue Rangi
Asinan Betawi
Kue Putu
Kerak Telor
Ketupat Sayur
Ketupat Bumbu/ ketupat tahu
Kue Cubit
Kue Pancong
Kue Ape
Soto Mie
Es Cendol
Es Cincau Hijau
Es Doger
Es Selendang Mayang
Rujak Bebeuk
Gulali
Harum Manis *) Syarat & Ketentuan berlaku.

Informasi lengkap, silahkan hubungi kami :

"Sewa Busana Betawi dot com"

Menjaga tradisi asli Betawi

Alamat :
Jl. Masjid Al Fajri Rt. 012/01 No. 7 Pejaten Barat Pasar Minggu
Jakarta Selatan 12510, INDONESIA
Tlp. 021-93786634 HP. & Whatsapp 085211711318
PIN BB : 2B1F36E6
Website : http://www.sewabusanabetawi.com/
Blog: http://www.sewabusanabetawi.blogspot.com


Kue Betawi beraneka ragam bentuk dan rasanya. Beraneka rupa pula cara penyajian dan pengolahannya.

Kami menjual beraneka ragam kue tradisionil khas Betawi seperti :
"DODOL BETAWI"
Dodol betawi berwarna hitam kecoklatan dengan variasi rasa terdiri dari ketan hitam, original, dan durian. 
Proses pembuatan dodol betawi sangat rumit. Bahan baku pembuatan yang terdiri dari ketan, gula merah, gula pasir dan santan harus dimasak di atas tungku api yang terbuat dari batang akar (bongkot) pohon pisang, dengan kuali besar yang disebut "kenceng" serta pengaduk besar seperti dayung dengan kayu bakar bara api selama 8 jam.
Dodol betawi umumnya dibuat sebagai penganan khusus untuk pesta, bulan Ramadan, Idul Fitri atau Idul Adha. Terutama menjelang hari raya, dodol betawi laris terjual. Karena proses pembuatannya yang rumit, hanya sedikit orang-orang yang ahli membuat dodol betawi.
Dalam tradisi orang Betawi, dodol dibuat biasanya bersama-sama dengan sanak saudara dimana seluruh keluarga berkumpul sebagai sarana silaturahmi menjelang hari raya Idul Fitri (sebelum masuk bulan Ramadhan).

Gambar : Dodol Betawi


"MANISAN KOLANG-KALING / BELULUK"



Manisan buah aren yang kenyal legit bisa jadi cemilan saat berbuka puasa atauada saat acara-acara seperti Lebaran, resepsi pernikahan, dll.

Sangat cocok untuk campuran es atau pelengkap minuman. Rasanya kenyal, manis dan dipercaya obat mujarab untuk sariawan maupun panas dalam.
Gambar : Manisan Kolang-kaling / Beluluk


"WAJIK"

Sama seperti wajik pada umumnya, wajik betawi dibuat dari beras ketan yang diberi santan, gula, dan parutan kelapa.
Perbedaannya hanya terletak pada warna dan pembungkusnya saja. Jika wajik umumnya dibungkus dengan daun pisang atau kulit jagung, maka wajik betawi biasanya dibungkus dengan kertas miyak yang berwarna warni seperti merah, kuning, hijau, putih, dsb.
Di Betawi, wajik terdapat 2 jenis yaitu selain yg dibungkus kertas, juga terdapat yang berupa potongan kecil tanpa dibungkus kertas dan disajikan diatas piring.
Rasanya yang legit enak dan gurihnya parutan kelapa memberikan sensasi enak saat dikunyah, apalagi jika dinikmati bersama secangkir teh disore hari.
Gambar : Wajik



" GEPLAK "

Geplak banyak dikonsumsi masyarakat sebagai camilan atau makanan kecil, namun memiliki rasa lezat. Biasanya geplak dibuat khusus untuk hantaran pengantin Betawi, hidangan keluarga, bahkan ada pula yang memesan khusus memeriahkan perayaan keagamaan seperti Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.
Terbuat dari beras yang agak keras lalu digiling menjadi tepung dan disangrai, lalu dicampur dengan kelapa parut yang juga sudah disangrai sebelumnya. Kemudian adonan itu dicampur dengan gula pasir yang sudah dicairkan hingga agak mengental, dan selagi panas diaduk-aduk hingga menjadi adonan yang padat, lalu dicetak dalam tenong.
Untuk mendapatkan rasa yang pas, terlebih dulu adonan diaduk hingga merata. Setelah itu adonan yang sudah rata, dicetak ditenong dan kemudian ratakan dengan tangan dengan setengah dipukul, karenanya disebut dengan geplak. Rasanya yang manis bercampur gurih menjadikan geplak cukup terkenal pada masa kejayaannya dan banyak digemari masyarakat.

Gambar : Geplak



" TAPE  ULI "
Tape uli atau yang biasa dikenal dengan tape ketan dan uli, merupakan salah satu makanan tradisional Betawi. Kuliner khas ini dibuat dari hasil peragian atau fermentasi. Selain itu, agar pembuatan tape dapat berhasil, bukan hanya bahan-bahannya saja yang harus bersih, tetapi juga alat-alat yang digunakan harus benar-benar terjaga kebersihannya. Usahakan supaya perlengkapan untuk membuat tape bersih dari lemak, minyak, dan juga air yang digunakan harus bersih.  Uniknya, ada mitos di masyarakat Betawi bahwa jikalau seorang wanita yang telah menikah dan bersuami tengah membuat tape (saat proses fermentasi ), maka dilarang untuk tidur dengan suaminya dan tidak diperbolehkan berbicara selama proses pembuatannya, jika hal tersebut dilanggar maka fermentasinya akan gagal ( Ngeladek : dalam bahasa Betawi). Setelah masak, untuk menambah rasa nikmat tape disandingkan dengan "uli" yaitu berupa ketan putih dicampur santan dan parutan kelapa yang ditumbuk halus dan dibungkus dengan daun pisang.
Gambar : Tape Uli

" KUE ONDE "
Bagi orang Jawa, kue ini disebut kue Klepon, karena terbuat dari bahan yang hampir sama, yaitu dari tepung ketan, daun suji, daun pandan, gula merah dan parutan kelapa. Jikalau klepon di sajikan perbutir, serta ukurannya yang hampir sebesar bola ping-pong, maka kue onde hanya sebesar kelereng atau ‘gundu’ yang disajikan dengan pincuk kecil yang terbuat dari daun pisang, dan terdapat beberapa butir dalam satu porsi kemasan.
Gambar : Kue Onde

" ROTI BUAYA "
Setiap acara pernikahan yang mengusung adat Betawi, pasti tak pernah meninggalkan yang namanya roti buaya. Biasanya roti yang memiliki panjang sekitar 1 meter ini dibawa oleh mempelai pengantin laki-laki pada acara serah-serahan untuk dipersembahkan kepada calon mempelai wanita.
Selain roti buaya, mempelai pengantin laki-laki juga memberikan uang mahar, perhiasan, kain, baju kebaya, selop, alat kecantikan, serta beberapa peralatan rumah tangga.
Dari sejumlah barang yang diserahkan tersebut, roti buayamenempati posisi terpenting. Bahkan, bisa dibilang hukumnya wajib.
Sebab, roti ini memiliki makna tersendiri bagi warga Betawi, yakni sebagai ungkapan kesetiaan pasangan yang menikah untuk sehidup-semati.
Asal muasal adanya roti buaya ini,konon terinspirasi dari perilaku buaya yang hanya kawin sekali sepanjang hidupnya. Dan masyarakat Betawi meyakini hal itu secara turun temurun.
Selain terinspirasi perilaku buaya, simbol kesetiaan yangdiwujudkan dalam sebuah makanan berbentuk roti itu juga memiliki makna khusus. Menurut keyakinan masyarakat
Betawi, roti juga menjadi simbol kemampanan ekonomi. Denganmaksud, selain bisa saling setia, pasangan yang menikah juga memiliki masa depan yang lebih baik dan bisa hidup mapan.
Karenanya, tak heran jika setiap kali prosesi pernikahan, mempelai laki-laki selalu membawa sepasang roti buaya berukuran besar, dan satu roti buaya berukuran kecil yang diletakkan di atas roti buaya yang disimbolkan sebagai buaya perempuan.
Ini mencerminkan kesetian mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan sampai beranak-cucu. Tradisi ini masih berlangsung sampai sekarang.
Gambar : Roti Buaya Mini ( mini : 20cm, besar : 1 meter).
Ukuran 1 meter
Tersedia aneka macam pilihan ukuran :
 - Besar :           1 meter, 2 meter  - sedang 70 cm
 Kecil (mini ) : 20cm
" KUE CINCIN "
Dari namanya saja kita sudah mengetahuinya bahwa kue ini berbentuk menyerupai cincin atau donat. Bentuknya bulat pipih dan berwarna coklat, karena dibuat dari gula merah yang dicampur dengan tepung beras, kemudian digoreng.  
                                                           " KUE RANGI "
Kue ini terbuat dari  parutan kelapa kasar dicampur juga dengan tepung Sagu Aren. Kemudian cetak tipis dengan wajan khusus yang sudah dibentuk. Jika sudah matang diberi lumuri  selai Gula merah yang dicampur sagu.  Rasanya Gurih dan Manis.




Gambar : Kue Rangi



KUE TAMBANG "

Terbuat dari  tepung terigu, sagu, gula, santan, dan telur. Sejak zaman dahulu Kue ini biasa hadir di meja-meja orang Betawi dengan tempatnya yang khas toples kaca seperti pada gambar dibawah ini. Rasanya yang gurih dan manis, sehingga kue ini menjadi salah satu makanan primadona anak-anak di Betawi.
 
Kue Tambang


Kami juga menyediakan :
(silahkan " KLIK " menu dibawah ini : )

Batik Betawi
Roti Buaya ( tersedia ukuran : 20 cm, 70 cm, 1 meter, 2 meter )
Upacara adat Betawi " Buka Palang Pintu "
Tarian Betawi
Musik Tanjidor
Sewa Ondel-ondel
Delman Hias Betawi  
Sirih Nanas Hantaran
Kue / makanan Khas Betawi
Dekorasi & Pelaminan Nuansa Betawi
Hiburan Musik Kesenian Betawi : Gambang Kromong
-  dll. 


Informasi lengkap, silahkan hubungi kami :


"Sewa Busana Betawi dot com"

                                        Menjaga tradisi asli Betawi 


Alamat :

Jl. Masjid Al Fajri Rt. 012/01 No. 7 

Pejaten Barat   Pasar Minggu  Jakarta Selatan 12510, INDONESIA

Tlp. 021-93786634  HP. & Whatsapp 085211711318  PIN BB : 2B1F36E6




Tidak ada komentar:

Posting Komentar