Rabu, 07 Maret 2012

Sewa Ondel-Ondel Besar & Mini ( uk. 2,5 m, uk. 1 m & 40 cm )

Sewa Ondel-Ondel, Sewa Dekorasi dan Sewa Properti Betawi, sepeti : Sewa Delman Hias, Sewa Dokar, Sewa Becak, Sewa Bajaj, Sewa Bemo, Sewa Opelet, Sewa Sepeda Onthel, Sewa Umbul-umbul Kembang Kelapa, Sewa Makanan Khas Betawi, Sewa Minuman Khas Betawi, Sewa Kursi Betawi, Sewa Dekorasi Tanaman Hias, Sewa Set Pelaminan Betawi, Properti Adat Betawi 

Boneka raksasa asli Betawi ini biasanya terdiri dari 1 pasang berukuran tinggi 2,5 meter, berbahan dasar dari rangka bambu, yang wanita dihias dengan pakaian berwarna kain meriah penuh warna-warni cerah, mencolok lengkap dengan kain dan kebaya plus aksesoris kembang kelape dikepalanya. Sementara ondel-ondel pria biasanya berbusana gelap, berkumis dan berkain sarung lengkap dengan selipan golok di pinggang, dan digerakkan oleh manusia yang masuk didalamnya. 
Dahulu kesan ondel-ondel sangat menyeramkan yang karena konon memang sengaja dibuat demikian karena fungsinya sebagai media penolak bala, menjaga kampung untuk mengusir penyakit maupun roh jahat yang mengganggu manusia. 
Matanya besar, bulat-melotot, kepalanya dilapisi ijuk atau kertas warna-warni sebagai rambut. Jika manggung ondel-ondel dibuat sepasang laki-laki dan perempuan, dengan perbedaan khasnya yaitu yang laki-laki berwajah Merah, dan yang perempuan berwarna putih, disini menyimbolkan sang pria  sebagai sosok yang garang nan gagah perkasa, dan yang perempuan wanita cantik jelita.

Ondel- ondel mini ( ukuran tinggi  : +40 cm )
 

Seiring perjalanan waktu, fungsi dari Ondel-ondel kini mulai bergeser yakni sejak masa pemerintahan Gubernur Ali Sadikin, ondel-ondel mulai banyak ditampilkan sebagai kesenian yang menghibur sehingga memberi kesan yang lebih menarik dan indah, di tambah dengan iringan musik  tradisionil seperti tehyan, ningnong, kenong maupun tanjidor atau rebana ngarak.
Kini, ondel-ondel besar juga lazim di pasang sebagai ornamen ruangan pada acara-acara resepsi pernikahan, bagitu pula Ondel-ondel mini dapat pula dijadikan sebagai penghias meja ataupun souvenir baik untuk kerabat, maupun wisatawan sebagai tanda mata khas kota Jakarta.


Ondel- ondel  ukuran tinggi  : 1 meter 


Ondel-ondel Besar

 
Note :
Tersedia 3 pilihan  ukuran (uk. Besar 2 meter, ukuran anak TK : 1 meter, uk. mini + 40 cm).
       - Khusus ukuran mini + 40 cm dijual



Kami juga menyediakan :


(silahkan " KLIK " menu dibawah ini : )


Roti Buaya ( tersedia ukuran : 20 cm, 70 cm, 1 meter, 2 meter )
Upacara adat Betawi " Buka Palang Pintu "
Alat Musik Gesek Betawi " Tehyan, Kong ahyan, Sukong "
Tarian Betawi
Musik Tanjidor
Sewa Ondel-ondel
Delman Hias Betawi  
Sirih Nanas Hantaran
Kue / makanan Khas Betawi
Dekorasi & Pelaminan Nuansa Betawi
Hiburan Musik Kesenian Betawi : Gambang Kromong
-  dll.  
 Informasi lengkap, silahkan hubungi kami :


"Sewa Busana Betawi dot com"

                                        Menjaga tradisi asli Betawi 


Alamat :

Jl. Masjid Al Fajri Rt. 012/01 No. 7 

Pejaten Barat   Pasar Minggu  Jakarta Selatan 12510, INDONESIA
Tlp. 021-93786634  HP. & Whatsapp 085211711318  PIN BB : 2B1F36E6


Tidak ada komentar:

Posting Komentar