Selasa, 04 September 2012

PENGANTEN SUNAT ALA BETAWI




Dalam tradisi orang Betawi, mengkhitankan anak itu wajib hukumnya sebelum si anak beranjak dewasa (akhil Baligh). 
Sebelum di khitan, biasanya si Orang Tua akan menanyakan kepada sianak akan kesiapannya untuk dikhitan, dan bila si anak meminta untuk disunat, orang tua akan segera melaksanakan nya.
Adapun kebiasaan-kebiasaan orang Betawi sendiri di zaman dahulu yaitu, beberapa hari menjelang hari pelaksanaan khitan, si anak diajak untuk mandi berendam berlama-lama di kalenan (dalam bahasa betawi berarti : sungai), serta dilarang banyak melakukan aktifitas fisik seperti berlari-lari, melompat-lompat, dsb dengan mitos bahwa agar ketika dikhitan si anak tidak mengeluarkan darah banyak dan kulit penutup kepala penis (kulup) mudah dikhitan.
Sebelum banyak dokter dan peralatan canggih seperti sekarang, orang-orang mengkhitankan anaknya dengan pergi ke tukang sunat yang disebut "Bengkong" yaitu mengkhitan dengan bantuan alat tradisionil dari bambu (jika di daerah mampang, pejaten, kalibata dan sekitarnya cukup terkenal Alm. Bpk. H. Zayadi / H. Adi ).
Setelah dikhitan, terdapat rangkaian upacara adat dapat dilaksanakan dengan diawali petasan sebagai tanda pengantin sunat telah kembali kerumah setelah di khitan, dengan diawali arak-arakan penganten sunat dengan berpakaian 'Dandan Care Haji' si Tuan Raje Mude cilik diarak dengan kendaraan Delman Hias diiringi oleh Rombongan arak-arakan Rudat Penganten Sunat  yang terdiri dari Ondel-ondel, Tanjidor, Marawis, Palang pintu, dsb.
Disatu sisi kemudian pihak keluarga bersiap memotong ayam untuk di panggang dan dimakan oleh si Penganten sunat dan dibarengi dengan acara buka palang pintu dengan syarat sebelum si Bocah memasuki tempat acara dan duduk di "Puade" ( dalam bahasa Betawi artinya pelaminan /singgasana) si anak wajib untuk membaca surat Al Fatihah, dilanjutkan dengan tasyakuran dengan pembacaan do'a atau "arwahan" dengan harapan si anak yang disunat kelak menjadi anak yang berbakti dan berguna bagi Nusa, bangsa, agama dan Orang Tua nya.












Note :
Tersedia Pelayanan Jasa Paket Rias & tradisi Adat Penganten Betawi.

Kami juga menyediakan :

(silahkan " KLIK " menu dibawah ini : )


Roti Buaya ( tersedia ukuran : 20 cm, 70 cm, 1 meter, 2 meter )
Upacara adat Betawi " Buka Palang Pintu "
Tarian Betawi
Musik Tanjidor
Sewa Ondel-ondel
Delman Hias Betawi  
Sirih Nanas Hantaran
Kue / makanan Khas Betawi
Dekorasi & Pelaminan Nuansa Betawi
Hiburan Musik Kesenian Betawi : Gambang Kromong
-  dll. 
Informasi lengkap, silahkan hubungi kami :


"Sewa Busana Betawi dot com"
                                        Menjaga tradisi asli Betawi 

Alamat :
Jl. Masjid Al Fajri Rt. 012/01 No. 7 
Pejaten Barat   Pasar Minggu  Jakarta Selatan 12510, INDONESIA
Tlp. 021-93786634  HP. & Whatsapp 085211711318  PIN BB : 2B1F36E6



Tidak ada komentar:

Posting Komentar