Jumat, 30 Januari 2015

SEWA TARI BETAWI KONTEMPORER : TARI YAPONG HUB. 085211711318 atau 021-93786634

Tarian yang bukan asli Betawi ini merupakan tarian kontemporer. Adalah Bagong Kussudiardjo merupakan salah satu seniman tari produktif yang dimiliki Indonesia. Sejak kecil, seniman yang tinggal dan menetap di Yogyakarta ini sudah akrab dengan kesenian tradisional. Total dalam berkesenian, Bagong memiliki padepokan seni yang menaungi berbagai generasi seniman untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuannya. Sebagai seorang seniman produktif, di masa hidupnya, Bagong sudah menciptakan lebih dari 200 tari tradisional, salah satunya adalah tari yapong.

Menurut sejarah, tari yapong awalnya merupakan tari yang sengaja dipentaskan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Jakarta di tahun 1975 yang menceritakan suasana hiruk pikuk di pasar ketika penyerangan pasukan Pasukan Mataram Menyerang Batavia. Untuk menciptakan tarian ini, konon Bagong melakukan berbagai riset selama berbulan-bulan. Dia mengamati tingkah polah masyarakat Betawi kala itu. Nama “yapong” sebenarnya tidak memiliki arti. Nama tersebut bersumber dari para penarinya yang meneriakan “Ya Ya Ya Ya Ya” disusul dengan suara alat musik pengiring yang berbunyi “pong”. Tari ini pun kemudian dinamakan “yapong”.

Tari yapong sama seperti tari muda-mudi pada umumnya, yaitu tari kontemporer yang menggambarkan suasana pergaulan. Sebagai tari kontemporer, gerak pada tari yapong bisa divariasikan dengan berbagai gerak sesuai permintaan koreografer, tapi tanpa meninggalkan esensi tari itu sendiri.

Secara umum, gerak tari yapong sangat dinamis dan bertumpu pada kekuatan tangan dan kaki. Perpindahan penari dari satu titik ke titik yang lain kerap terjadi. Pada bagian-bagian tertentu terdapat gerakan pinggul yang eksotis.

Para penari yapong mengenakan busana berwarna terang dengan balutan kain batik Betawi pada bagian bawahnya. Sementara, mahkota bunga melekat di kepala. Hal ini menunjukkan tari yapong merupakan perpaduan antara dua budaya, yaitu Betawi dan Cina.

Dari segi musik, tari yapong diiringi oleh irama yang bersumber dari alat musik tabuh, seperti rebana. Seiring perkembangannya, tari yapong juga diiringi suara gamelan bercampur dengan alat musik tabuh yang berasal dari Jawa Barat, sehingga menghasilkan irama yang bersemangat sesuai dengan gerakan tari yapong. Meski merupakan jenis tari kontemporer, tari yapong eksis sebagai tari Betawi yang sering dipentaskan setiap ada acara kebudayaan di Jakarta.

Penampilan Tari Yapong Live @ RCTI, 26 Nov 2011


Penampilan Tari Yapong @ TIM, Jakarta.


Kami juga menyediakan :
(silahkan " KLIK " menu dibawah ini : )

Batik Betawi
Roti Buaya ( tersedia ukuran : 20 cm, 70 cm, 1 meter, 2 meter )
Upacara adat Betawi " Buka Palang Pintu "
Tarian Betawi
Musik Tanjidor
Sewa Ondel-ondel
Delman Hias Betawi  
Sirih Nanas Hantaran
Kue / makanan Khas Betawi
Dekorasi & Pelaminan Nuansa Betawi
Hiburan Musik Kesenian Betawi : Gambang Kromong 
Sewa tari Yapong



Informasi lengkap, silahkan hubungi kami :

"Sewa Busana Betawi dot com"

                                        Menjaga tradisi asli Betawi 


Alamat :

Jl. Masjid Al Fajri Rt. 012/01 No. 7 

Pejaten Barat   Pasar Minggu  Jakarta Selatan 12510, INDONESIA

Tlp. 021-93786634  HP. & Whatsapp 085211711318  PIN BB : 2B1F36E6




Tidak ada komentar:

Posting Komentar