Jumat, 09 Maret 2012

JUAL : Alat Musik Gesek Betawi "Tehyan" hub. Hp dan wa 085211711318Alat musik gesek musik Betawi kesenian Betawi sewa gambang kromong jual alat gambang kromong jual alat musik Betawi rebana sewa musik gambus sewa Tanjidor sewa palang palang pintu tradisi Betawi kesenian Betawi baju adat Betawi nuansa Betawi dekorasi Betawi pelaminan Betawi tarian Betawi sanggar Betawi di Jakarta sewa baju abang none sewa baju adat sewa baju daerah sewa kebaya Betawi sewa kebaya Nusantara 34 provinsi sewa baju adat Nusantara sewa baju adat Jakarta sewa kebaya Encim jual kebaya Encim sewa jas Betawi sewa baju koko sadariah sewa kebaya Betawi bahan kebaya sendal Betawi kesenian tradisi Betawi konsultan adat Betawi sanggar Betawi paket rias pengantin Betawi pelaminan Betawi baju adat Betawi terompah Betawi


        Semakin pesatnya laju perkembangan zaman dan arus modernitas tak bisa kita tolak, seiring dengan laju tersebut salah satunya berimbas kepada kehidupan kesenian tradisionil asli Betawi yaitu alat musik Tehyan. Alat musik yang mengakar dari kebudayaan Tionghoa ini dahulu masuk ke Tanah air sejak zaman abad ke-17 melalui orang-orang Tionghoa yang masuk ke Tanah Air.






Tehyan adalah alat musik gesek yang berbentuk panjang dengan bagian bawahnya yang melebar, yang jika diperhatikan mirip dengan bentuk tubuh manusia. Saat ini penggunaan Tehyan sangat langka kita dengar, mungkin hanya sesekali kita dengar disetiap acara-acara kebudayaan Betawi seperti pertunjukkan gambang kromong atau ondel-ondel. Mungkin karena penggunaanya yang begitu sulit, tanpa mengenal not yang hanya mengandalkan perasaan si pemain, sehingga orang mulai kurang tertarik memainkannya selain alat musik modern yang lebih mudah digunakan dan berdaya jual ekonomis. 
Zaman dahulu kala, alat musik ini biasa digunakan pada acara-acara penyambutan, upacara kematian orang-orang Tionghoa, atau pertunjukkan gambang kromong maupun pementasan Ondel-ondel. Dan akhirnya alat musik ini identik sekali digunakan untuk pertunjukkan gambang kromong, selain ada alat musik gesek lainnya yaitu Sukong dan Kongahyan, yang merupakan alat musik sejenis, namun hanya ukurannya saja yang berbeda.
Perpaduan antara alat musik Tionghoa dengan alat musik asli pribumi menghasilkan suatu harmoni seperti yang sering kita dengar pada musik gambang kromong pada setiap pagelaran kesenian Betawi ataupun ondel-ondel.


Kami juga menyediakan :


(silahkan " KLIK " menu dibawah ini : )


Roti Buaya ( tersedia ukuran : 20 cm, 70 cm, 1 meter, 2 meter )
Upacara adat Betawi " Buka Palang Pintu "
Alat Musik Gesek Betawi " Tehyan, Kong ahyan, Sukong "
Tarian Betawi
Musik Tanjidor
Sewa Ondel-ondel
Delman Hias Betawi  
Sirih Nanas Hantaran
Kue / makanan Khas Betawi
Dekorasi & Pelaminan Nuansa Betawi
Hiburan Musik Kesenian Betawi : Gambang Kromong
-  dll. 
Informasi lengkap, silahkan hubungi kami :


"Sewa Busana Betawi dot com"

                                        Menjaga tradisi asli Betawi 

Alamat :
Jl. Masjid Al Fajri Rt. 012/01 No. 7 
Pejaten Barat   Pasar Minggu  Jakarta Selatan 12510, INDONESIA
Tlp. 021-93786634  HP. & Whatsapp 085211711318  PIN BB : 2B1F36E6


Tidak ada komentar:

Posting Komentar